Cara Mudah Menjadi Penulis Buku

https://www.freepik.com/free-photo/portrait-cheerful-businessman-dressed-suit_6510291.htm

“Kalau kau bukan anak raja, bukan anak seorang ulama besar, maka menulislah.”

Imam Al-Ghozali

Menjadi seorang anak raja, atau anak seorang penguasa, atau seorang anak ulama, berarti sudah pasti mendapatkan pengaruh dari ayahnya. Tapi ketika kita bukan siapa-siapa, maka pilihan yang paling mudah adalah menjadi penulis agar bisa diperhitungkan ucapannya, diikuti jejaknya.

Proses menulis adalah proses meninggalkan jejak. Minimal jejak untuk orang-orang yang kita cintai. Masalahnya banyak yang ingin menulis buku, tapi tidak tahu caranya. Lalu bagaimana cara mudah supaya kamu bisa menulis buku?

1). Berkumpul dengan para penulis buku atau dengan orang yang sama-sama ingin belajar menulis buku.

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.”

H.R. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Dari hadist rasul ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa kalau kita ingin menjadi penulis maka kita harus berteman atau bergaul dengan para penulis. Bagaimana caranya? lingkungan saya tidak ada penulis? untungnya kita tinggal di jaman yang serba online, kamu bisa memanfaatkan komunitas online yang tersebar di jagat maya.

Salah satu Komunitas yang yang bisa kamu ikuti adalah “Klub Menulis Online Indonesia”. Komunitas ini dikenal juga dengan sebutan “KMO Indonesia” dan sudah melahirkan ribuan penulis.

“Bayar ya gabungnya?”

Kelas ini 100% GRATIS! Tapi bukan berarti karena GRATIS ilmunya cuma serpihan doang.

Ilmu di KMO Indonesia itu daging banget. Asalkan kalian fokus ngerjain tugas dan tahapan demi tahapan, insyaAllah sudah bisa langsung punya naskah dan siap diterbitkan.

Tapi, kamu harus tahu, kalau masuk ke KMO Indonesia itu beresiko. Dosis tinggi! Jadi yang masuk pasti akan habis-habisan digenjot jadi penulis.

Hanya orang-orang yang mampu bertahan yang akan jadi penulis sungguhan. Seru! Ada yang bilang masuk KMO Indonesia itu angker. Sekali masuk ketagihan.😂

Sekali lagi, Berbayar? GRATIS! Cukup bayar dengan doa.

Namun sayangnya kelas gratis ini tidak selalu dibuka, dan kalau pas dibuka infonya mendadak dan yang antri banyak jadi kalau kamu ketinggalan informasi pembukaan kelas, dipastikan kamu harus menunggu kelas selanjutnya.

Supaya kamu tidak ketinggalan pembukaan kelas gratis ini kamu bisa pantengin grup telegramnya, disana akan diumumkan kapan kelas akan dibuka dan pastinya banyak informasi menarik dan bermanfaat seputar kepenulisan, kamu bisa join di telegram berikut t.me/MenulisIndonesia

Cara selanjutnya adalah;

2). Belajar Langsung Dari Ahlinya

Cara paling ampuh adalah belajar dari orang yang sudah terbukti berhasil menjadi penulis. Ada banyak penulis Indonesia yang bisa dijadikan mentor untuk kamu bisa menulis. Tapi masalahnya mereka mau tidak mengajari kamu? hahaha.

Kamu pernah dengar buku best seller yang berjudul “Tuhan, Maaf Kami Sedang Sibuk” ? kenal siapa penulisnya?

Ya, Ahmad Rifa’i Rif’an, salah satu penulis buku non-fiksi paling produktif di Indonesia. Bayangkan saja di usia nya yang ke-27 beliau sudah menerbitkan 50 judul buku. Kalau sekarang sepertinya sudah seratus lebih judul buku yang beliau tulis. Hebat ya? lebih hebatnya lagi beliau menulis buku disela-sela aktifitasnya sebagai karyawan disalah satu perusahan semen di Indonesia. Kebayang gak gimana cara bagi waktunya? hehehe.

Tidak perlu dipertanyakan lagi, kalau bisa belajar dari orang hebat ini kamu pun pasti bisa menjadi hebat seperti beliau. Kabar baiknya, beliau bekerja sama dengan KMO Indonesia dengan membuka “Kelas Jadi Buku” untuk berbagi tips rahasia menjadi penulis profesional.

Pokoknya kerena banget ini ilmunya, mau gabung di kelasnya? lihat informasinya di link berikut ya. Semoga kamu sukses menjadi penulis profesional.

Please follow and like us:
error0
fb-share-icon20
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *