Inilah 5 Unsur Penting dari Buku Non Fiksi Yang Wajib Kamu Ketahui

https://www.freepik.com/free-photo/shocked-islamic-woman-pointing-copy-space-colored-backdrop_4830627.htm#page=1&query=hijab%20emotions&position=4

Sebelum saya cerita tentang unsur penting di buku non fiksi, saya mau cerita dulu nih tentang menjadi seorang penulis di Indonesia. Kenapa? karena jadi penulis di negara +62 ini memiliki tantangan tersendiri. Yang menjadi tantangannya adalah rekor minat baca di negara ini. Bukan sesuatu yang perlu diapresiasi, tapi cukup bikin sedih hati.

Tahukah kamu? Kita menempati peringkat golongan bawah. Yeess, itu artinya sangat amat tidak baik. Dari sekian juta jiwa yang ada di Indonesia, yang minat baca hanya seberapa persennya saja.

Itu juga lebih didominasi dengan penggemar genre roman, novel, komik, atau karya fiksi lainnya. Bagaimana dengan penulis yang passionnya ke non fiksi?

Jujur, agak berat. Tapi bukan tidak mungkin. Setidaknya, kita tetap memiliki kesempatan yang sama. Kuncinya, ada di 5 unsur berikut ini:

1. Cover buku
Cover menjadi salah satu daya tarik yang sangat berpengaruh pada buku non fiksi. Untuk itu, pilihlah cover yang tampilannya menarik, segar, serta komunikatif

2. Rincian sub bab buku
Untuk menarik minat pembeli, sajikan sub bab buku dengan uraian yang menyeluruh, mendetail dan sistematis

3. Judul sub bab
Kemas judul sub bab dengan pemilihan diksi yang tepat dan “greget”, tapi tetap harus mewakili isi dari buku tersebut

4. Isi
Saat menulis buku non fiksi, maka bagian isi harus disampaikan dengan mendalam dan lengkap (detail). Selain itu, penggunaan bahasanya pun harus tepat, komunikatif, dan mudah dipahami oleh target market

5. Sistematika
Sistematika yang runut akan membantu pembaca agar lebih mudah memahami pesan dan ilmu yang ingin disampaikan penulis. Hindari penggunaan kata yang memiliki arti bias.

Untuk lebih jelasnya, belajar langsung sama ahlinya aja, deh ya, hehehe. Saran saya belajar dari penulis yang udah benar-benar ahli di bidang non fiksi. Siapa kira-kira yang sudah teruji menulis non fiksi dan terbukti karya-karya nya diminati? Siapa lagi kalau bukan Ahmad Rifa’i Rif’an.

Baca juga artikel berikut “Lebih Dekat Dengan Ahmad Rifa’i Rif’an

Bayangkan saja di usia 25 tahun sudah menerbitkan buku sebanyak 40 judul. Kalau sekarang sih sudah 100 judul lebih bukunya. Lebih luar biasa lagi Ahmad Rifa’i Rif’an sendiri pernah menulis buku hanya dalam waktu 3 hari, dan itu buku best seller, bukan buku kaleng-kaleng ya, hehehe. Kok bisa ya?

Udah jangan pikir-pikir lagi mumpung lagi ada KELAS JADI BUKU batch 6 bersama Kak Ahmad Rifa’i Rif’an, yang akan diadakan pada 3-9 Mei 2020.

Isi materi nggak perlu diragukan lagi, karena kelas ini sudah sampai di pembukaan ke-6. Itu artinya sudah banyak penulis yang membuktikannya. Klik link berikut untuk informasi pendaftarannya ya.

Please follow and like us:
error0
fb-share-icon20
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *