Manfaat Membaca Yang Sering Kita Abaikan

Membaca Buku

Pada 2009, penelitian menunjukkan bagaimana berbagai aktivitas dapat menurunkan tingkat stres dengan mengukur detak jantung dan ketegangan otot. Salah satunya adalah membaca buku atau koran, hanya selama enam menit dapat menurunkan tingkat stres seseorang hingga 68 persen.

Bahkan, efek ini jauh lebih besar daripada berjalan-jalan (42 persen), minum secangkir teh atau kopi (54 persen), atau mendengarkan musik (61 persen).

Kemampuan untuk sepenuhnya menenggelamkan diri dalam bacaan adalah faktor yang membuat membaca merupakan cara yang sempurna untuk menghilangkan stres.

Pertanyaannya sudahkah Anda membaca, atau menjadikan membaca benar-benar sebagai penghilang stress?

Jika belum maka mulailah dari sekarang. Zaman sekarang, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan sebuah bacaan.

Semakin kesini kesadaran seseorang terhadap dunia literasi semakin tinggi sehingga untuk mendapatkan sebuah buku kita bisa dimudahkan dengan membeli secara online.

Selain menghilangkan stress membaca mampu meningkatkan keterampilan bahasa dan pengetahuan global.

Sebuah studi melakukan penelitian untuk menilai hubungan antara keterampilan kognitif, kosa kata, pengetahuan faktual, dan paparan terhadap penulis fiksi dan nonfiksi tertentu.

Mereka menggunakan Author Recognition Test (ART), yang merupakan tes dengan hasil terakurat untuk mengetahui keterampilan membaca seseorang.

Hasil rata-rata dari studi ini adalah bahwa mereka yang rajin membaca, memiliki sekitar 50 persen lebih besar kosakata dan 50 persen lebih banyak pengetahuan berbasis fakta.

Yang paling penting dengan rajin membaca kita bisa bisa membedakan mana yang hoax ddan mana bacaan yang bener-benar fakta dan dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk itu marilah kita mulai membaca untuk kemajuan pola berpikir kita.

Siapa bilang membaca membosankan, selain literatur-literatrur kita juga dapat membaca novel.

Walau hanya karangan penulis novel selalu menuliskan kisah mereka selalu disertai dengan riset yang mendukung. Seperti Novel Hana yang ditulis oleh Santy Diliana. Kisah didalamnya sarat akan hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil.

Please follow and like us:
error0
fb-share-icon20
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *